Monday 19 December 2016

Menulis (5.0) Para Penulis

PARA PENULIS

Achoey el-Haris
Lahir di Ciamis dan tinggal di Bogor. Menulis puluhan buku; solo, duet dan antologi bersama. Aktifis GPM Bogor Raya, pendiri Komunitas Blogger Bogor & Wakil Ketua Komunita TDA Bogor Raya. Owner kedai Mie Janda yang aktif juga jadi motivator di Alus Spirit. Twitter: @cucuharisMJ FB: http://www.facebook.com/cucuharis.

Amelia Az-Zahra
Lahir 27 Februari 1994 di Jakarta. Saat ini sedang menyusun skripsi serta belajar untuk ujian nihongo noryoku shiken N1. Penulis sangat berharap agar bisa lulus dalam ujian tersebut, karena sertifikat kelulusan ujian tersebut sangat penting untuk memasuki mimpi-mimpi penulis di masa yang akan datang.

Aris Rahmanto Yusuf
Karyanya, Berdoa Bersama (Taddarus Puisi, Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto 2014), Memo Untuk Presiden (Forum Sastra Surakarta 2014), Puisi Ramadhan (Majelis Sastra Bandung 2014), Menebar Asa di Enam Musim (Pena House 2014), Bunga Rampai Terminal Sastra 2014 (KKL 2015), Majapahit Dalam Puisi (KKL 2015) dan menerbitkan antologi puisi duet Lelaki Hujan (Pena House 2014). Puisi-puisinya dimuat di Metro Riau, Denpasar Pos dan Malang Pos. Saat ini bergiat di LILIPUT (Lingkar Literasi Putih). FB:Aris Rahman Yusuf dan twitter: @Aris_Yusuf27.

Badiyo
Lahir di  Kembangan, Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah, 24 Januari 1966. Masa kecil hingga lulus SMA dihabiskan di kampungnya dan “mampir” di Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto tiga semester kemudian merantau ke Jakarta. Hobi membaca, nonton berita, sepak bola, dan menulis. Baginya, hidup untuk belajar. Menyelesaikan S-1 Ilmu Komunikasi di UT (2014). Saat ini bekerja di sekolah swasta di Ciputat Tangerang Selatan.
 Badiyo
Dosen Universitas Khairun Ternate.

Edy Wihardjo
Lahir di Bondowoso, 8 Januari 1970. Kandidat Doktor Pendidikan Matematika yang cinta membaca dan menulis. Mengelola blog: pakarTI (http://pakarti.wordpress.com), matemania (http://matemania.wordpress.com atau http://matemania2.blogspot.com). Menulis puisi Peri Kecil; 51 Nominator Puisi Award Writing Revolution. Di Grup Persahabatan Menulis (GPM), menulis puisi “Elang” dan “Bidak” dalam Antologi Puisi Tanah Air, menulis artikel “Sarjana Mendidik”, menulis “Aku, Buku, dan Cinta Pertamaku” dalam Antologi My First Love, dan menulis cerita tentang keluarga, “Haji Achmad: Memberikan yang Terbaik.” Menulis “Ya Allah Berikan yang Terbaik” dalam Antologi Kisah Banyak Jalan Menuju Pelaminan di Proyek Nulis Buku Bareng (PNBB). Menulis Puisi Galau di Antologi “Dengarkan Suaraku; Kumpulan Puisi KSPA” bersama penulis Kerabat Sang Penulis Amatir. Menulis cerpen terbaik pertama “Bagimu Cabeku, Bagiku Kerupukku” dalam Antologi The Damn Delicious versi Bunga Fiksi.
 
Erry Damajanti
Lahir di Bandung, anak kedua dari empat bersaudara. Lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Fakultas Sastra UNPAD Bandung. Penterjemah bahasa Jepang di Kota Bandung dan sejak akhir tahun 2013 pindah kerja ke sebuah perusahaan swasta di Tangerang. Menyukai tulis menulis dan penggiat Group Persahabatan Menulis dan Ketua GPM Bandung. Berkontribusi dalam 4 (empat) buah Buku Bersama, salah satunya antologi Istighfar. Cita-cita menerbitkan buku karya sendiri.

Ersis Warmansyah Abbas
Lahir di Muaralabuh, Solok Selatan, 15 November 1957. Doktor Pedidikan IPS UPI Bandung (2013), Magister Pengembangan Kurikulum IKIP Bandung (1995), Sarjana Pendidikan Sejarah IKIP Yogyakarta (1980), Sarjana Muda Pendidikan Sejarah IKIP Padang (1978). Tamatan PGAN 6 Tahun Padang, PGAN 4 Tahun Muaralabuh dan SDN 1 Muaralabuh. Pernah kuliah di FK Filsafat UGM (1982) dan (Kursus) Teori, Metodologi dan Aplikasi Antropologi UGM (1993). Tulisannya dimuat Kompas, Sinar Harapan, Suara Pembaharuan, Kedaulatan Rakyat, Berita Nasional, Jayakarta, Pelita, Bandung Pos, Haluan, Radar Banjarmasin, Dinamika Berita, Banjarmasin Pos, Bandjarbaroe Post, dan media lainnya.

Esa Puspita Ginanjar
Seorang ibu yang senang berbagi lewat tulisan dan terus belajar untuk menulis. Tulisannya terkumpul di blog http://epugi.wordpress.com/. Saat ini menjadi pengelola grup Ibu Keren dan bagian dari Penggerak Utama PeDeCafe (Personal Development Cafe).
 
Heni Pujiastuti
Lahir di Desa Mekar Baru, Nangerang, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten. Anak kedua dari lima bersaudara dari Bakri dan Mutoharoh. Pendidikan SD (1995), SMP (1998), dan SMA (2001). Sarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung (2006), Magister Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (2008) dan Doktor Pendidikan Matematika UPI Bandung Cum Laude (2014). Menikah dengan Rudi Haryadi dan dikaruniai seorang putri, Riestya Cahaya Mulya (5,9 tahun). Profesi dosen Untirta Banten. Email: hpharyadi@gmail.com

Maria Roeslie
Lahir di Banjarmasin 5 Desember 1967. Menempuh pendidikan formal di Unlam (S1 Ekonomi) dan di Unmul (S2 Finance MM). Saat ini bekerja sebagai karyawati bank swasta dan belajar menulis secara otodidak. Penerima penghargaan Astaprana dari Kesultanan Banjar dalam bidang seni sastra (2013). Beberapa buku sastra yang telah dihasilkan antara lain atologi Pantun Banjar (2013), Banjar 2 (2014), Antologi Puisi Langit Tak Bertepi (2014), antologi pusi bersama Pagi dan Mentari – The Banker’s Poetry (2011), Seminggu Bersama Melintas Eropa (2012), Dari Dam Sengon ke Jembatan Panegal – Puisi Untuk Gusdur (2013), Puisi Menolak Korupsi Jilid 2B – Antologi Penyair Indonesia, Duka Gaza Duka Kita – Antologi Puisi 99 Penyair Indonesia, Memo Untuk Presiden- Antologi Puisi Bersama Penyair Indonesia (2014) dan Merangkai Damai – Antologi Puisi 149 Penyair Nusantara. Facebook: Maria Roeslie. Email : maria.roeslie@gmail.com
 
Rafdiansyah
Lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, 29 Mei 1981. Setelah menamatkan SD hingga MAN, kuliah di IAIN Antasari Banjarmasin (2004). Aktif di UKM, menjadi ketua HMJ, Sekum Mapala Meratus, LPM SUKMA. Menjadi wartawan Media Publik dan duta wisata kota Banjarmasin (Nanang Banjar). Tahun 2009 bertugas sebagai Penghulu Ahli Pertama (PNS) dan aktif menulis. Alumnus S2 IAIN Antasari Banjarmasin.

Raudatur Ridha
Mahasiwa Program Studi Pendidikan Luar Biasa, FKIP Unlam Banjarmasin. Fb: Raudatur Ridha, Email: ridha.afellay@gmail.com
Rita Audriyanti
Ibu tiga anak, hobi membaca dan menulis. Telah menghasilkan enam buku, empat buku antologi dan dua buku solo, diantaranya: Haji Koboi Catatan Pengalaman Haji Backpacker, Grasindo, 2013. Tinggal di Kuala Lumpur.

Tajuddin Noor Ganie
Lahir di Banjarmasin, 1 Juli 1958. PNS Kantor Depnaker Kota Banjarmasin dan sejak 1 Juni 2006 bertugas di Balai Hyperkes dan Keselamatan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan. Menyelesaikan S.1 PBSID STKIP PGRI Banjarmasin sebagai wisudawan terbaik (2002) dan dosen di almamaternya. Menyelesaikan pendidikan S.2 di PBSID FKIP Universitas Lambung Mangkurat (2005). Sejak tahun 1980 menekuni karier sebagai penulis puisi, cerpen, esei sastra, dan folklor Banjar di berbagai koran, majalah, dan jurnal terbitan lokal, nasional, dan luar negeri. Email : tajuddinnoorganie@yahoo.com
Wajidi
Lahir di Bulayak, Hantakan dan menempuh pendidikan di SDN Murung B di Bulayak dan SDN Batu Benawa (1981), SMPN Pagat (1984), SMAN Barabai (1987), dan PSP Sejarah FKIP Unlam Banjarmasin (1992). Peneliti Madya bidang Balitbangda Kalimantan Selatan. Tulisannya dimuat Banjarmasin Post, Serambi Ummah, Dinamika Berita, Kalimantan Post, Barito Post, Radar Banjarmasin, dan media cetak lainnya serta berbagai jurnal. Buku: Proklamasi Kesetiaan Kepada Republik (Pustaka Banua, 2007), Nasionalisme Indonesia di Kalimantan Selatan 1901-1942 (Pustaka Banua, 2007), Glosarium Sejarah Lokal Kalimantan Selatan Periode 1900-1950 (2008), Mozaik Sejarah dan Kebudayaan Kalimantan Selatan, Sebuah Catatan Ringan (2008), Artum Artha: Sastrawan, Wartawan, dan Budayawan Kalimantan Selatan (2008), Akulturasi Budaya Banjar di Banua Halat (2012), Gerakan Tengkorak Putih Sebuah Kelompok Gerilya di Kalimantan Selatan 1949-1950 (2012) dan editor berbagai buku. Penghargaan: Pemenang II LKTI Bidang Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (1991); Pemenang II LKT Tingkat Nasional Senimania Republika dari Harian Republika 1994; Pemenang II LKT Tingkat Nasional Dwidasawarsa TMII 1995; Pemenang I LKT Peringatan Hari AIDS Internasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2000; Pemenang II Lomba Penulisan Artikel Tingkat Nasional Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara 2003; Pemenang I Lomba Penulisan Jurnalistik Tingkat Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dari Mendiknas 2005; Pemenang III Lomba Penulisan Kebencanaan 2009 BNPB-Mapiptek BPPT. Tahun 2013 menerima Anugerah Budaya dari Gubernur Kalimantan Selatan, dan tahun 2014 Anugerah Astaprana dari Sultan Haji Khairul Saleh.

Share this

0 Comment to "Menulis (5.0) Para Penulis"

Post a Comment